Selasa, 23 April 2013

^^ Cara Efektif Belajar Matematika ^^




Asslamualaikum Wr.Wb
   Hallo guys apa kabar nih ? Kalian di sekolah pasti mengenal MATEMATIKA kan ? ya pastilah tau yayaya :D . Matematika biasanya soal hitung-hitungngan dan pemecahan masalah. Dan tak jarang jika banyak siswa yang membenci pelajaran ini, karena katanya sih MATEMATIKA itu pelajaran yang paling memusingkan 7 keliling. Tapi jangan khawatir deh, kalo emang kita ada kemauan belajar matematika yang efektif, pasti kita BISA !!! amin :))
  Nah kali ini saya akan posting tentang bagaimana cara belajar matematika yang efektif . Ayo cek it out ;

1. Perhatikan guru apabila mereka sedang merangkan
Ketika seorang guru sedang menerangkan materi dan contoh soal, sudah seharusnya kita memperhatikan. Karena kalo ga memperhatikan, gimana kita bisa hayooo? Dan kalo emang ada yang kurang paham dari penjelasan beliau sebaiknya ditanyakan langsung, biar ga numpuk-numpuk terus dan akhirnya malah semakin benci sama pelajaran ini.

2. Selalu mengulang pelajaran yang telah diterangkan
Matematika memang sulit , namun ada pepatah yang mengatakan "Kita bisa karena terbiasa". Jika kita terbiasa makan kita pasti bisa, karena ini merupakan hukum alam. Mengulang pelajaran ibarat selalu mengingat segala hal yang sudah diingat karena jika dibiarkan begitu saja maka akan hilang begitu saja dan cepat lupa.

3. Banyak berlatih soal
 Memperbanyak berlatih soal merupakan salah satu cara agar paham rumus. Dan diusahakan kita harus berlatih soal dengan tipe soal yang berbeda, dan jangan hanya itu-itu saja. Agar kita lebih punya banyak pengalaman mengerjakan berbagai tipe soal matematika.

4. Selalu menggunakan cara yang menyenangkan
Semua orang akan setuju apabila mempelajari sesuatu dengan hati yang senang dan ikhlas maka akan dengan mudah memahami hal tersebut. Begitu juga dengan matematika, apabila kita mempelajarinya dengan senang hati dan ikhlas maka kita akan bisa cepat menguasainya. 

5. Gunakan Simbol
Mengapa harus menggunakan simbol? karena matematika pada dasarnya bersifat abstrak (tidak nyata). Oleh karena itu, supaya kita tidak kesulitan dalam belajar matematika, kita harus bisa memegang, merasakan, serta melihat sehingga kita harus bisa mewujudkan dalam bentuk nyata supaya kita bisa dengan mudah memahami matematika. 

Matematika itu sebenarnya mudah, namun bagaimana kita bisa menyikapinya.
Dan ingat yaa, belajar matematika itu bukan dengan menghafal, namun dengan kita paham konsepnya.
Sekian dulu ya postingan saya, semoga bermanfaat Aminn.. :))
Terimakasih dan mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan . ^^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar